Pages

Uji Coba Internasional Masih Belum Jelas

Agenda uji coba untuk mematangkan kinerja Yongki Aribowo dkk pun terus dimaksimalkan. Tapi,agenda uji coba internasional kedua setelah tur ke Hong Kong bulan lalu tampaknya masih tanda tanya.Bahkan, beberapa laga pemanasan skuad muda Merah Putih akhirnya batal digelar.Anak asuh Rahmad 'RD' Darmawan memiliki rencana terbang ke Beijing,China,untuk tur uji coba. Hanya rencana itu pun terancam batal karena sulitnya mendapatkan lawan uji coba di Negeri Tirai Bambu itu.

”Uji coba di luar negeri akan terus kami usahakan. Mereka (timnas U-23) sangat memerlukan itu.Pokoknya,ke mana saja timnas U-23 uji coba kami siapkan,kebetulan ada dana untuk itu,”kata Ketua Umum (Ketum) PSSI Djohar Arifin Husin. Jaminan dari Djohar Arifin juga disampaikan Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI Tri Goestoro.Tri mengaku terus berkoordinasi dengan manajemen timnas U-23.PSSI juga mempersiapkan rencana cadangan untuk memenuhi rangkaian uji coba timnas U-23 dengan lawan yang sepadan.

”Timnas U-23 masih butuh sekitar dua pertandingan uji coba di dalam dan dua laga pemanasan di luar negeri.Hanya, beberapa negara yang kami hubungi tidak bisa memenuhi keinginan kami.Saya berbicara dengan manajemen timnas U-23 agar memikirkan rencana cadangan, sebagai antisipasi,”cetusnya. Uji coba internasional sangat penting bagi skuad muda Merah Putih.Namun,tim teknik timnas U-23 diwakili asisten pelatih Widodo C Putro tidak ingin berpolemik dengan masalah tersebut.Menurut dia, persiapan Yongki dkk tetap berjalan normal meski sejumlah rencana masih belum ada kejelasan.

”Rencana beberapa uji coba kami gagal.Awalnya kami ingin uji coba keluar.Tapi, kalau sudah tidak bisa,mau tidak mau harus cari jalan lain.Kalau dibilang adanya kerugian, pasti ada.Tapi, kami tidak ingin memperpanjang masalah itu,”kata Widodo,kemarin. Eks arsitek Persela Lamongan ini mengatakan,uji coba internasional tidak bisa didapat,pemanasan kontra klub-klub lokal pun tidak jadi masalah.

”Kalau tidak bisa cari lawan dari luar,ya akan uji coba dengan klub-klub lokal saja.Seperti lawan Semen Padang kemarin,Coach RD kebetulan cukup senang dengan uji coba tersebut.Pemain bisa merasakan atmosfer pertandingan dari suporter lawan,itu sangat menguji mental mereka,” lanjutnya. Timnas U-23 telah melalui 10 laga uji coba.Dilihat dari hasil yang didapat,skuad muda Merah Putih telah menunjukkan performa yang cukup maksimal.Timnas U- 23 telah enam kali meraup kemenangan, tiga kali imbang,dan sekali kalah.

”Untuk siapa saja klub-klub lokal yang akan menjadi lawan uji coba kami,belum bisa disampaikan sekarang.Tapi,yang pasti,kami sudah ada bayangan tim-tim mana saja yang memiliki kualitas bagus untuk jadi lawan uji coba,”tandas Widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar