Pages

Liga Prima Gantikan LSI

Keinginan beberapa klub agar kompetisi level I tidak diikuti 24 tim akhirnya tinggal harapan. Secara resmi PSSI telah mengeluarkan surat keputusan bahwa peserta level I yang kini bernama Liga Prima tetap diikuti 24 tim.

"Surat sudah ditandatangani Ketua Umum Djohar Ariffin. Jumlahnya yaitu 24 tim. Meski telah ditandatangani saya termasuk orang yang tidak setuju hal itu," kata anggota Komite Eksekutif PSSI, Toni Aprilani saat dihubungi "GM", Rabu (5/10).

Kendati demikian, Toni tidak menjelaskan langkah yang akan diambilnya atas surat yang sudah ditandatangani tersebut. Seperti diketahui, selain La Nyalla Mattalitti, Toni merupakan salah satu anggota Komite Eksekutif yang juga menolak kompetisi diikuti 24 tim.

Diungkapkan Toni, untuk sementara nama kompetisi yang akan segera bergulir tersebut yaitu Liga Prima. Namun nama tersebut masih bisa berubah sesuai keinginan pihak sponsor. "Nama masih bisa berubah. Tergantung pada sponsor yang akan membiayai liga," ujarnya.

Liga bahaya

Sementara itu, pelatih Persib Bandung, Drago Mamic memastikan liga yang diikuti oleh 24 tim akan sangat berbahaya bagi para pemain. Para pemain diperkirakan akan mudah terkena cedera. Terlebih jika para pemain harus menjalani 8 laga dalam sebulan.

"It's very dangerous for the players," tegasnya.

Menurutnya, pemain mungkin bisa saja menjalani pertandingan sebanyak 8 kali selama sebulan. Namun hal itu hanya pada kondisi tertentu dan tidak berlangsung sepanjang liga.

Drago mengakui, jumlah pemain yang dimiliki Persib memang tidak cukup untuk menghadapi liga dengan jumlah peserta sebanyak 24 tim. Namun baginya, yang perlu diketahui yaitu jadwal pertandingan. Karena jadwal pertandingan akan sangat memengaruhi penampilan para pemain.

Keluhan juga dilontarkan para pemain Persib, seperti Maman Abdurahman dan Atep. "Dengan peserta sebanyak 24 tim maka setiap tim harus berlaga sebanyak 46 kali. Termasuk laga tandang yang harus ditempuh dengan jarak cukup jauh. Ini tentu sangat menguras tenaga," ujar Maman usai latihan kebugaran di Pusat kebugaran Dgroove Jln. Soekarno-Hatta, Rabu (4/10).

Hal senada diungkapkan gelandang Persib, Atep. "Kalau memang akan digelar dengan jumlah peserta sebanyak 24 tim, dipastikan akan sangat melelahkan pemain," katanya. Menurut Atep, sebelum memutuskan jumlah peserta liga, PSSI seharusnya memperhatikan klub dan pemain. "Karena yang akan menjalani liga ini adalah klub dan pemain," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar