Pages

Polresta Surakarta Terjunkan 1.600 Personel Amankan Kongres

Guna mengamankan Kongres Luar Biasa yang akan digelar Sabtu (09/7) di Solo, Polresta Surakarta siap menerjunkan 1.600 anggotanya.
Banyaknya anggota kepolisian yang diturunkan tersebut dikarenakan Kongres akan juga dihadiri oleh suporter sepak bola dari seluruh daerah.

Menurut Kapolresta Surakarta, Kompbespol Listyo Sigit Prabowo, pihaknya akan melakukan sterilisasi dan pemeriksaan ketat di lokasi kongres. Pemeriksaan dilakukan oleh pasukan brimob dengan menggunakan alat detektor bagi mereka yang hendak masuk hotel.

Pola pengamanan pada pelaksanaan KLB PSSI di Solo, kata Kapolresta, dilakukan dengan sistem empat ring, pertama di ruang kongres, kedua di luar hotel, ketiga sepanjang Jalan Ahmad Yani atau depan hotel, kemudian keempat di lokasi pemusatan berkumpulnya para suporter di kawasan Stadion Manahan Solo.

"Kami akan menurunkan sebanyak 198 anggota di kawasan ring satu hingga ketiga," katanya.

Ia menjelaskan, pengamanan di ring tiga atau sepanjang Jalan Ahmad Yani akan dilakukan sistem buka tutup arus lalu lintas dari arah utara maupun sebaliknya, karena jalur itu merupakan jalan umum.

Selain jajaran kepolisian yang akan mengamankan di ring tiga, juga melibatkan petugas Lindungan Masyarakat (Linmas) setempat. Karena, mereka yang mengenali warga yang keluar masuk di kawasan tersebut.

Menurut Kapolresta, anggotanya juga melakukan pengamanan dan pengawalan terhadap anggota KN, panitia, calon ketua umum, wakil ketua, dan anggota komite eksekutif serta peserta kongres di lokasi penginapan.

"Kalau para suporter dipusatkan di kawasan Stadion Manahan. Mereka dapat melihat jalan kongres melalui layar lebar di lokasi itu," katanya. (

Tidak ada komentar:

Posting Komentar