Pages

Piala AFF 2012 : Satu Grup dengan Malaysia , DEJAVU Merah Putih

Timnas Indonesia mendapat ujian berat saat menjalani Piala AFF 2012 di Thailand dan Malaysia, 24 November–22 Desember 2012. Skuad Merah Putih bercokol di Grup B bersama Singapura dan juara bertahan Malaysia seusai drawing di Bangkok, Thailand, kemarin.

Dalam drawingitu,Malaysia diplot sebagai tim paling disegani Indonesia.Maklum, mereka yang mengandaskan harapan Merah Putihmeraih gelar pertama akibat kalah di final Piala AFF 2010.Indonesia juga tak ingin meremehkan kekuatan Singapura serta runner-upbabak kualifikasi yang akan diperebutkan empat negara,yakni Timor Leste,Laos,Myanmar,dan Brunei Darussalam.

Yang jelas,pertemuan Indonesia dan Malaysia tahun ini merupakan deja vudua tahun lalu.Saat itu,Indonesia begitu fantastis ketika bertemu Harimau Malaya––julukan Malaysia––di fase penyisihan grup.Sayang,hegemoni tim Merah Putih tak berlanjut ketika bertemu kembali dengan Malaysia di final. Koordinator Timnas Indonesia Bob Hippy menilai,semua tim yang tergabung di Grup B memiliki kekuatan sama.

Untuk itulah,baik Malaysia,Singapura,dan satu lawan lagi yang belum diketahui memiliki peluang yang sama untuk lolos.“Semua lawan itu berat dan mempunyai kekuatan yang tidak berbeda jauh.Intinya,semua tim yang berada di Grup B memiliki peluang sama besarnya,”ungkap Bob,saat dihubungi kemarin. Selain memberikan sedikit penilaian tentang kekuatan calon-calon lawan di Grup B,pria yang juga menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI ini berharap tak ada lagi masalah dualisme kompetisi.

Dia menginginkan Indonesian Super League (ISL) dan Indonesian Premier League (IPL) bersatu.Jika keduanya bersatu,timnas Indonesia akan diisi pemainpemain yang komplet di ajang Piala AFF tahun ini. “Yang paling penting di ajang Piala AFF 2012 nanti,kami mempunyai stok pemain yang komplet.Saya berharap pemainpemain dari ISL dan IPL bisa kembali bersatu.Mereka bisa bersama bahumembahu membela timnas Indonesia,” ungkap Bob.

Harapan agar timnas Merah Putih berjaya di Piala AFF 2012 juga disampaikan bek Semen Padang Abdulrahman.Pemain yang menjadi bagian timnas Indonesia U-23 saat meraih medali perak SEA Games 2011 itu siap memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Namun,jika ingin berhasil merealisasikan target itu,persiapan matang harus segera dilakukan.“Harapannya,insya Allah tahun ini timnas Indonesia bisa meraih gelar juara.

Sebab,Indonesia belum lagi menjuarai turnamen itu.Dan,jika ingin berbicara banyak di Piala AFF 2012,tentu harus melakukan segala macam persiapan tim dari jauh-jauh hari,”ungkap Abdulrahman. Abdulrahman pun meminta semua pemain yang dipanggil membela panji Merah Putihmenghadapi Piala AFF 2012 mengesampingkan ego masing-masing, yakni membuang sikap merasa lebih berhak karena berasal dari IPL atau ISL.

“Jika kami bersatu,kami pasti lebih tangguh.Bahkan, kami memiliki kekuatan lebih untuk merealisasikan ambisi mendapatkan gelar tersebut,”tandasnya. Sementara di Grup A, tuan rumah Thailand akan menghadapi Vietnam, Filipina, serta juara fase kualifikasi. Jika Thailand gagal total dua tahun lalu, kini, mereka sesumbar bisa mengembalikan kejayaan sepak bola Negeri Gajah Putih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar