Pages

Penonton Tidak Tertib, AFC Tegur PSSI

Jakarta - Sekretaris jenderal PSSI, Tri Goestoro, mengakui adanya teguran dari Konfederasi Sepak bola Asia (AFC), atas insiden yang terjadi di Riau, Kamis (5/7/12).

Sejumlah penonton melemparkan botol air minum ke lapangan saat Timnas Indonesia menghadapi Australia di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, pada laga perdana Grup E Pra-Piala Asia U-22.

“Sudah ada teguran resmi dari AFC. Makanya kami imbau penonton untuk jadi tuan rumah yang baik,” jelas Try Goestoro, seperti dilansir situs resmi PSSI.

Pertandingan yang berakhir dengan kekalahan Indonesia 0-1 itu disaksikan sekitar 38 ribu penonton. Sejumlah pelanggaran yang dilakukan pemain Australia membuat para penonton mulai panas dan mulai melakukan pelemparan.

Penonton kian panas akibat ulah pemain Australia sepuluh menit jelang laga usai. Seorang pemain melemparkan botol yang terserak di lapangan ke pinggir, ke arah penonton. Aksi ini ditanggapi sebagai tantangan oleh sejumlah penonton sehingga lebih banyak lagi botol air minum beterbangan ke lapangan.

“Apapun alasannya, penonton tidak boleh melakukan hal-hal yang dilarang oleh aturan. Apalagi melempar sesuatu ke arah lapangan. Yang rugi kita sendiri,” tukas Tri Goestoro.

Ancaman AFC tidak main-main. Jika insiden terulang kembali, seluruh pertandingan bisa dibatalkan.

''Jadi saya imbau penonton untuk menjaga nama baik Pekanbaru, Riau dan reputasi Indonesia di mata internasional. Saya yakin dan percaya, penonton di Pekanbaru sangat menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas,” tuntasnya.

PSSI sebelumnya juga mendapat hukuman dari Komisi Disiplin AFC akibat tak mematuhi keputusan terkait pembayaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar