Pages

Kongres PSSI Diperkirakan Telan Dana Rp. 1,7 Miliar

Kongres Luar Biasa PSSI untuk memilih Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan Anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2011-2015 yang akan digelar di Surakarta, Jawa Tengah, 9 Juli 2011, diperkirakan menelan dana sekitar Rp. 1,7 miliar. Sebagian dana itu dipergunakan untuk membiayai akomodasi peserta kongres.

"Pengeluaran paling banyak untuk akomodasi. Kemungkinan bisa mencapai Rp. 1 miliar," kata Achsanul Qosasi, Wakil Ketua Komisi XI DPR bidang Keuangan yang kini masih menjabat sebagai Bendahara PSSI, saat dihubungi Minggu 12 Juni 2011.

Dibandingkan dengan kongres PSSI di Hotel Sultan Jakarta, 20 Mei lalu, angka ini jauh lebih kecil. Menurut Achsanul, PSSI sebelumnya telah mengeluarkan dana sekitar Rp. 3 Miliar untuk membiayai kongres 20 Mei lalu yang berakhir deadlock. "Sekarang lebih kecil karena transportasi peserta ditanggung sendiri," kata politisi Demokrat yang kini mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI 2011-2015.

Untuk membiaya kongres kali ini, PSSI meminta bantuan dana dari pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng. Namun, Achsanul menolak merinci secara detail tentang dana bantuan itu. "Untuk membiayai dua kali kongres butuh dana banyak," katanya.

Kongres PSSI yang sebelumnya direncanakan akan berlangsung di Surakarta 30 Juni 2011 diundur menjadi 9 Juli 2011. Pemunduran waktu pelaksanaan kongres ini karena adanya surat rekomendasi FIFA yang ditandatangani Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke tanggal 8 Juni lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar