Pages

FOKUS: Persija Jakarta, Arema Indonesia, Semen Padang Berebut Tiket Asia

Gelar juara Superliga Indonesia musim 2010/11 memang sudah dipastikan menjadi milik Persipura Jayapura. Tetapi persaingan papan atas masih belum selesai, persaingan merebut posisi runner-up akhirnya ditentukan di partai terakhir musim ini, karena masih ada tiga tim yang berpeluang menduduki posisi tersebut yaitu Persija Jakarta, Arema Indonesia dan Semen Padang. Ketiga tim tersebut akan bertanding pada hari Minggu besok (19/06).

Calon kuat yang menduduki posisi kedua dan mendapatkan tiket ke Asia adalah tim ibukota Persija dan juara bertahan musim lalu, Arema. Saat ini tim Macan Kemayoran dan tim Singo Edan sama-sama mengoleksi 49 poin, namun skuad asuhan Rahmad Darmawan mempunyai keunggulan selisih gol sehingga memiliki peluang yang sedikit lebih besar dari Arema.

Baik Persija dan Arema akan melakoni pertandingan terakhir mereka di kandang sendiri. Persija akan menjamu PSPS Pekanbaru di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, sementara Arema akan meladeni perlawanan tim yang dipastikan akan menjalani laga play-off yaitu Bontang FC di stadion Kanjuruhan, Malang.

Dengan poin yang sama dan selisih gol yang berbeda dua gol diantara keduanya, membuat persaingan kedua klub tersebut semakin panas. Persija yang balik kandang ke stadion GBK setelah "terusir" ke stadion Manahan, Solo, dipastikan akan tampil menyerang dan berambisi untuk mencetak banyak gol untuk mengamankan posisi mereka di peringkat kedua sekaligus mengamankan tiket ke kompetisi Asia.

Sementara itu, sambil berharap PSPS mempersulit Persija, Arema juga berambisi untuk menang dengan banyak gol saat menjamu Bontang FC. Skuad asuhan Miroslav Janu tersebut dipastikan tampil lebih rileks karena kepastian gaji mereka sudah menemui titik terang. Apalagi mereka baru saja mengandaskan Persisam Samarinda dengan skor 2-0 hari Rabu kemarin (15/06) di tempat yang sama.

Selain kedua tim tersebut, Semen Padang juga memiliki peluang untuk menggapai posisi runner-up tetapi kans mereka bisa dibilang mendekati mustahil. Agar skuad asuhan Nil Maizar tersebut duduk di peringkat kedua pada klasemen akhir Superliga Indonesia, mereka harus memenangkan laga away menghadapi Persipura yang tidak pernah terkalahkan di kandang. Selain itu, baik Arema dan Persija harus kalah di kandang mereka masing-masing.

Tetapi masih ada kemungkinan bukan hanya peringkat kedua yang mendapatkan tiket ke kompetisi Asia, peringkat ketiga juga berpeluang mendapatkan tiket tersebut. Hal tersebut dapat terjadi karena pada musim lalu, peringkat kedua mendapat tiket lolos ke Piala AFC dan pemenang Piala Indonesia mendapatkan tiket kualifikasi Liga Champions Asia. Sementara pada musim ini Piala Indonesia ditiadakan karena kisruh kongres PSSI, jadi bisa saja hak juara Piala Indonesia dilimpahkan kepada klub yang menempati peringkat kedua, dan klub yang menduduki peringkat ketiga mendapatkan tiket Asia seperti klub yang menempati peringkat kedua musim lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar